Kamis, 28 April 2011

IEEE dan ETSI

Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI HiperLAN yang merupakan standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, yaitu Amerika, sedangkan standar keluaran ETSI merupakan standar yang meluas penggunaannya di daerah Eropa dan sekitarnya.

apa itu IEEE?

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) merupakan organisasi non-profit yang mendedikasikan kerja kerasnya demi kemajuan teknologi. Organisasi ini mencoba membantu banyak sekali bidang teknologi seperti teknologi penerbangan, elektronik, biomedical, dan tentu saja komputer juga termasuk didalamnya. IEEE 802.16 adalah Standard dari broadband wireless access (BWA).IEEE mulai mengembangkan teknologi-teknologi untuk jaringan wireless sejak tahun 2002 dan mepublikasikan standard pertamanya pada bulan April 2002.Pada versi awal ini perangkat 802.16 beroperasi dalam lebar frekuensi 10 sampai 66 GHz dengan kondisi jalur komunikasi antarperangkatnya yang diharuskan berada dalam keadaan Line Of Sight (LOS).Bandwidth yang dapat diberikan oleh teknologi ini untuk para penggunanya kurang lebih sebesar 32 sampai 134 Mbps Kapasitasnya pun diklaim mampu menampung hingga ratusan pengguna per satu BTS. Dengan kemampuan seperti itu, teknologi perangkat yang menggunakan standar 802.16 memang cocok digunakan sebagai penyedia koneksi broadband melalui media wireless. Standard IEEE 802.16d-2004 (sebelumnya IEEE 802.16d) secara spesifik berhubungan antara koneksi wireless dengan perangkat diam dan dikenal sebagai fixed atau “nomadic” WiMAX. Fixed WiMAX dapat digunakan dalam rumah dan kantor, cafĂ© atau komputer yang telah mengakses ke customer premises equipment (CPE) yaitu modem spesial yang memungkinkan WiMAX. Dikatakan “nomadic” karena modem atau perangkat seperti laptop dengan chip WiMAX didalamnya dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.Standard mobile 802.16e-2005 (sebelumnya IEEE 802.16e) memungkinkan penerima signal tranmisi dalam keadaan bergerak, hingga 120km/jam , melalui perangkat portable seperti laptop, personal digital assistants (PDA) and mobile phones. Standar fixed and mobile telah dikembangkan bertahap dan secara terpisah karena kompleksitas penanganan mobile dari satu stasiun transmisi ke stasiun lainnya.standardisasi 802.16 ini lebih banyak berkutat seputar pernak-pernik teknis dari layer Physical dan layer Datalink (MAC) dari sistem komunikasi BWA ini.




Teknologi-teknologi IEEE.Sumber: OECD and IEEE


Berbeda dengan Wi-Fi yang hanya mencakup jaringan lokal yang kecil, kurang dari 50 meter, teknologi untuk WiMAX sangat cocok untuk jaringan geografis yang luas hingga ratusan kilometer. Gambar 8 menggambarkan perubahan ukuran jaringan, teknologi WiMAX mencakup : Wide Area Networks (WAN) dan Metropolitan Area Networks (MAN). Teknologi Local Area Network (LAN) seperti Wi-Fi telah sukses mengantarkan data untuk jarak kurang 50 meter dan Personal Area Networks (PAN) seperti teknologi Buetooth untuk jarak sekitar kurang dari 10 meter.



ETSI

ETSI Singkatan dari European Telecommunications Standards Institute ETSI hampir sama dengan IEEE yang membedakan nya hanya daerahnya saja , jika ETSI untuk eropa sedangkan IEEE di america .Standard yang di buat oleh ETSI dan Broadband Radio Access Networks (BRAN)adalah HIPERMAN ( High Performance Radio Metropolitan Area Network). Tujuannya adalah untuk menyediakan jaringan komunikasi wireles di seluruh Eropa di pita frekuensi 2-11 GHz dan di negara-negara lain yang mengikuti standard ETSI. HIPERMAN adalah alternatif untuk WiMAX(atau standard IEEE 802.16 ) dan teknologi Korea WiBro.
HiperMAN mengarah dalam rangka penyediaan wireless broadband DSL, untuk menjangkau daerah yang luas. Standarisasi yang difokuskan adalah dibawah 11 GHz( utamanya di pita frekuensi 3,5). HiperMAN mengoptimalkan jaringan Packet switched dan mendukung fixed dan nomadic application , khusunya untuk perumahan dan lingkungan pengguna usaha kecil. HIPERMAN akan interoperable broadband fixed wireless access system beroperasi pada pita frekuensi 2 GHz dan 11 GHz. Standard HIPERMAN didesign untuk Fixed Wireless Access Small Medium Entreprise( SMEs )dan rumahan menggunakan dasar MAC (DLC and CLs) dari standard the IEEE 802.16-2001. HIPERMAN mampu mendukung ATM, melalui fokus utama lalu lintas IP. Dan juga menawarkan berbagai kategori, full Quality of Service, kontrol manajemen koneksi yang cepat, keamanan tinggi, fast adaptation of coding, modulasi dan mentransfer power ke kondisi propagation dan mampu beroperasi pada keadaan non-line-of-sight. HIPERMAN memungkinkan Point to Multipoint(PMP ) dan konfigurasi jaringan Mesh. HIPERMAN juga mendukung alokasi frekuensi FDD and TDD dan terminal H-FDD.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar